Halalkah Makan Sarang Burung Walet ?


Halalkah Makan Sarang Burung Walet ? - Seperti kita ketahui bersama bahwa sarang burung walet sangat berbeda dengan burung lain pada umumnya yang mana sarang burung walet terbuat dari air liur / air ludahnya sendiri dan juga sarang burung walet memiliki banyak sekali keuntungan bagi manusia baik itu untuk kesehatan dan kecantikan.

Bermodalkan air liur yang kental sepasang burung walet secara bergantian membuat sarangnya dan mengering ketika terkena udara, sekarang ini ada 2 jenis sarang burung walet yang di panen yaitu sarang burung walet yang di ambil dari gua-gua dan jenis sarang burung walet rumahan.

Halalkah Makan Sarang Burung Walet ?

Belum lama ini LPPOM MUI membahas tentang hukum sarang burung walet. Menurut Ir Muti Arintawati, MSi, Wakil Direktur LPPOM MUI, hasil kajian LPPOM MUI pada prinsipnya hukum sarang burung walet dibolehkan. Karena, sarang burung tersebut dihasilkan dari bagian dalam perut burung sehingga tidak ada masalah. “Jadi, telah disepakati kalau sarang burung walet hukumnya halal,” kata Muti.

Akan tetapi yang menjadi perhatian LPPOM MUI, bagaimana proses pembersihan dari sarang burung walet tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan, kata Muti, di sarang tersebut tercampur dengan sesuatu yang najis, seperti kotoran burung itu sendiri, mungkin juga lingkungan yang membawa kotoran ke dalam sarang. Pengaruh luar ini yang bisa membuat sarang burung walet menjadi tidak halal.

Oleh karena itu, proses pencucian sarang burung walet harus diperhatikan dengan serius. Jangan sampai ada kotoran yang masih melekat di sarang burung. Karena, kalau sarang burung masih bercampur dengan kotoran menjadi najis, tidak halal untuk dimakan. Sebaliknya, pencucian yang benar-benar bersih halal hukumnya.

Demikian informasi yang sangat bermanfaat ini. Salam sukses pembudidaya walet Indonesia.

0 Response to "Halalkah Makan Sarang Burung Walet ?"

Posting Komentar